Berita

Listyo Sigit Wacanakan Polisi Belajar Kitab Kuning, Ini Respon Muhammadiyah dan MUI

Jumat, 22 Januari 2021 - 18:42
Listyo Sigit Wacanakan Polisi Belajar Kitab Kuning, Ini Respon Muhammadiyah dan MUI Ilustrasi- anggota kepolisian. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMES BREBES, JAKARTA – Rencana calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo yang ingin mewajibkan anggota Polri untuk mempelajari kitab kuning menuai respon dari PP Muhammadiyah dan MUI.

Sekjen PP Muhmmadiyah Prof Abdul Mukti menyampaikan, pihaknya mengapresiasi rencana tersebut belajar kitab kuning tersebut. Meski demikian, ia tak menjamin polisi nantinya bisa menangani persoalan-persoalan yang berkaitan dengan keagamaan Islam dengan baik.

"Belum tentu menjamin polisi dapat menangani masalah-masalah keagamaan Islam dengan baik dan benar," katanya pada Jumat (22/1/2021).

Sementara itu, Ketua MUI Cholil Nafis mengatakan, tak mempermasalahkan hal tersebut. Namun, ia berharap, kepolisian tetap fokus pada tugas utamanya yakni mengayomi dan menjaga keamanan dalam pengabdian keapada masyarakat.

"Tapi jangan sampai pindah arah. Polisi jangan sampai menjadi santri, kiai, karena tugas jadi polisi jaga keamanan, melindungi umat. Tapi nilai-nilai yang mengajarkan, yang menceramahi itu tetap ulama," ujarnya seperti mengutip dari CNNIndonesia.com.

Sebelumnya diketahui, Komjen Listyo Sigit berencana mewajibkan anggota Polri untuk mempelajari kitab kuning. Ia ingin melakukan itu jika sudah resmi dilantik menjadi Kapolri.

Calon Kapolri, Listyo Sigit Prabowo mengatakan pengalaman serupa pernah dilakukan saat menjabat sebagai Kapolda Banten untuk mencegah perkembangan radikalisme dan terorisme. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Brebes just now

Welcome to TIMES Brebes

TIMES Brebes is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.