Berita

Mengenal Tony Hawk, Sang Legenda Skateboard Dunia

Sabtu, 15 Mei 2021 - 13:20
Mengenal Tony Hawk, Sang Legenda Skateboard Dunia Tony Hawk saat melakukan trik dipapan skateboardnya. (Foto: tweaktown)

TIMES BREBES, JAKARTA – Nancy dan Frank Peter Rupert Hawk mungkin tak pernah menyangka bakal melahirkan seorang anak bernama Anthony Frank Hawk atau lebih dikenal dengan nama Tony Hawk, yang kini menjadi legenda skateboard dunia.

Tony Hawk yang lahir pada 12 Mei 1968 di San Diego, California, Amerika Serikat. Saat masih anak-anak, Hawk termasuk bocah cerdas, bersemangat dan hiperaktif serta sangat menyukai tantangan. 

Dilansir dari situs resmi Tony Hawk, sang kakak memberikan Hawk sebuah papan luncur jalanan atau skateboard berbahan kaca fiber berwarna biru ketika Tony Hawk berusia 9 tahun. Saat itu, sama sekali tidak ada niat dari pemberian sang kakak yang ternyata bisa menjadi cikal bakal Hawk menyukai permainan skateboard dan akhirnya menjadi sosok yang paling terkenal sepanjang masa.

Saking senangnya, Hawk memakai papan luncur tersebut berulang-ulang hingga catnya terkelupas dan banyak goresan. Hawk menggunakan papan tersebut kali pertama di belakang rumahnya di San Diego. Sambil melihat ke belakang, Hawk berkata, "Bagaimana caranya belok dengan papan luncur ini?"

Rasa penasaran membuat Hawk semakin giat untuk berlatih dan mengulik teknik lain dan tak hanya sekadar berbelok saja. Hal itu terbukti dari gelar juara kontes papan luncur amatir di California pada usia 12 tahun. Dua tahun kemudian Hawk pun menjadi pemain profesional. Pada usia 16 tahun, Hawk kemudian dianggap sebagai pemain skateboard paling kompetitif di dunia.

Singkat cerita, seiring bertambahnya usia sebagai pemain skateboard profesional, memang sejak umur belasan tahun Tony Hawk sendiri sudah mengikuti berbagai kejuaraan hingga bisa mendapatkan penghasilan sendiri melalui sponsor yang tertarik untuk meminang Hawk.

Kemudian, dari ratusan ajang skateboard yang pernah Hawk ikuti, X Games 1999 menjadi yang paling mengesankan dan tak akan ia lupakan seumur hidup. Di ajang tersebut, Hawk semakin dinilai pantas menyandang predikat legenda dunia skateboard.

Tony Hawk menjadi pemain skateboard pertama di dunia yang berhasil melakukan trik putaran 900 derajat di udara dengan pendaratan yang sempurna. Sebelum Hawk, sempat ada pemain skateboard lain, Danny Way, yang mengklaim berhasil melakukan trik tersebut pada 1989. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Brebes just now

Welcome to TIMES Brebes

TIMES Brebes is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.