Berita

Presiden RI Jokowi Akan Resmikan Operasional KRL Yogyakarta-Solo

Senin, 01 Maret 2021 - 09:44
Presiden RI Jokowi Akan Resmikan Operasional KRL Yogyakarta-Solo Presiden RI Jokowi akan meresmikan operasional KRL Yogyakarta-Solo hari ini, Senin (1/3/2021). (Foto: BPMI Setpres)

TIMES BREBES, JAKARTA – Pada hari ini, Senin (1/3/2021), Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) akan meresmikan pengoperasian kereta rel listrik atau KRL Yogyakarta-Solo.

Sebelum meresmikan operasional KRL, Presiden RI Jokowi dijadwalkan meninjau vaksinasi massal bagi para pekerja publik di sejumlah tempat di Kota Yogyakarta.

Selanjutnya, dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden, setelah meninjau vaksinasi, Jokowi akan meresmikan pengoperasian KRL lintas Yogyakarta-Solo. Pembangunan KRL ini merupakan upaya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dalam menyediakan transportasi massal yang dapat mengurangi kemacetan dan polusi.

Hadirnya moda transportasi tersebut diharapkan bisa meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan bertransportasi bagi warga sekitar.

Sebagai informasi, pembangunan KRL Yogyakarta - Solo sepanjang 62 kilometer ini dimulai sejak 2019 dan selesai pada akhir 2020. Ada tiga aspek dalam pembangunan tersebut.

Pertama, pembangunan sistem jaringan elektrifikasi KRL. Pembangunan ini meliputi jaringan listrik di atas rel ganda, pembangunan gardu listrik sebagai generator untuk supply tenaga listrik bagi KRL, serta pengadaan sarana kereta api.

Kedua, penyiapan 11 stasiun pemberhentian KRL yang di dalamnya termasuk mengaktifkan beberapa stasiun yang tidak digunakan oleh rute Prameks (Prambanan Ekspres). Sebelas stasiun tersebut yakni Stasiun Yogyakarta,  Lempuyangan, Maguwo, Prambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan berakhir di Stasiun Solo Balapan.

Penambahan stasiun untuk operasional KRL ini juga upaya Kementerian Perhubungan untuk mengakomodasi permintaan masyarakat yang mengeluhkan jauhnya stasiun-stasiun Prameks bagi mereka yang akan bepergian.

Ke depan, enambahan stasiun tersebut juga akan diikuti dengan pembangunan layanan integrasi antar moda lanjutan seperti angkutan perkotaan dan sebagainya.

Ketiga, pembangunan sarana pendukung seperti gate masuk, e-ticketing, dan sebagainya. Melalui e-ticketing ini, calon penumpang dapat melakukan pembayaran dengan Kartu Multi Trip (KMT), commuterpay, uang elektronik bank dan bisa melalui aplikasi yang menyediakan fasilitas scan bar code.

Harapannya, setelah peresmian operasional KRL Yogyakarta-Solo oleh Presiden RI Jokowi pada hari ini, masyarakat makin terbiasa untuk bepergian dengan menggunakan angkutan umum. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Brebes just now

Welcome to TIMES Brebes

TIMES Brebes is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.